Tips dan Trik

[tips and trick][bsummary]

Hiburan

[hiburan][twocolumns]

Nudibranchia, Siput yang Tidak Bercangkang

Apakah sahabat pernah melihat siput atau keong ? hewan ini dicirikan dengan sebuah cangkang yang melindungi tubuhnya. Cangkang tersebut bagaikan rumah baginya, ketika ada bahaya maka hewan ini pun menutupi dirinya dengan cangkang. Keong atau siput secara ilmiah merupakan kelas gastropoda dari filum moluska yang dimana hewan yang masuk dalam kelas ini ditandai dengan sebuah cangkang yang melindungi tubuhnya.

Nah jika anda masih belum tahu tentang filum moluska maka kami akan mengulas sedikit mengenai filum ini,  moluska merupakan sebuah filum dari hewan invertebrata (hewan yang tidak memiliki tulang belakang) dengan ciri khasnya adalah cangkang yang melindungi dirinya. Hewan moluska sebenarnya memiliki tubuh yang sangat lunak dengan cangkang yang keras untuk melindungi tubuhnya dari serangan predator, misalnya saja kerang mutiara (Pinctada maxima) yang masuk dalam kelas pelecypoda, abalon si siput bermata tujuh dan siput mata bulan yang masuk dalam kelas gastropoda. Seperti halnya abalon dan siput mata bulan, nudibranchia atau kelinci laut juga memiliki tubuh yang lunak tetapi sayangnya hewan ini tidak dilindungi oleh cangkang.


Kelinci Laut Nudibranchia

Walaupun tidak dilindungi oleh sebuah cangkang, Nudibranchia dikenal sebagai hewan yang tangguh, hal ini dapat dilihat cara makanya yang luar biasa. Ia dapat memakan hewan lain yang memiliki tubuh jauh lebih besar dari dirinya.
Nudibranchia Siap memangsa Ubur-Ubur (Velella velella)

Hewan ini memakan beberapa hewan invertebrata lainnya seperti sponge, coral, ubur-ubur dan bahkan anemon. Yang menarik disini adalah anemon laut yang memiliki racun pada tentakelnya pun tak luput dari serangan hewan mungil ini, bahkan racun yang terdapat pada anemon dapat dimanfaatkan nudibranchia dalam mekanisme bertahan hidupnya sebagai senjata untuk melumpuhkan hewan lainnya. Hewan ini pun juga memiliki warna serta bentuk yang beragam, dan luar biasanya lagi ternyata hewan ini dapat meniru tempat hidupnya. Dengan kemampuan kamuflasenya yang luar biasa sehingga hewan ini sering luput dari incaran predator.

Penulis bernama lengkap Aris Sando Hamzah, S.Pi lahir di Ambon pada tahun 1994. Saat ini penulis berdomisili di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara Indonesia.

No comments:

Post a Comment

komputer

[komputer][bigposts]

Ispiratif

[inspirasi][bsummary]

IT

[IT][twocolumns]