Tips dan Trik

[tips and trick][bsummary]

Hiburan

[hiburan][twocolumns]

Kali Topa Desa Wabula Lokasi Pariwisata Yang Wajib di Kunjungi Saat Berkunjung di Pulau Buton


Pada Daerah Buton, Sulawesi Tenggara ada sebuah desa cantik di tepi pantai yang lokasinya cukup jauh dari perkotaan. Namun, keindahannya pasti membuat siapa saja ingin datang dan meninggalkan sejenak suasana kota yang ramai. Desa tersebut adalah Desa Wabula. Seperti umumnya desa-desa di tepi pantai, desa ini dihuni 3.000 penduduk yang tinggal di rumah-rumah panggung. Hanya jalan utama desa yang diaspal, selebihnya kaki Anda akan menginjak pasir putih yang lembut (Sumber: lifestyle.okezone.com, 2013). 
Gambar 1. Panorama Pantai Desa Wabula
Desa pesisir pantai selalu menarik untuk dijelajahi. Barisan rumahnya, jalannya yang beralas pasir dan pemandangan pantai yang sangat dekat. Kecantikan seperti ini bisa ditemui di Desa Wabula, Buton, Sulawesi Tenggara (Sumber: travel.detik.com, 2011). Rumah-rumah tradisional yang berjejer semakin menambah keindahan desa wabula serta pohon-pohon kelapa yang tumbuh disekitar tanah wabula membuat suasana menjadi sangat teduh dan nyaman. 

Gambar 2. Rumah Masyarakat Wabula
Desa Wabula memiliki cukup banyak penduduk yaitu sekitar 3.000 jiwa. Rumah yang ada di sana berjumlah sekitar 400-500 buah. Kebanyakan rumahnya merupakan rumah panggung yang terbuat dari kayu. Ada juga rumah yang sudah terbuat dari semen, tapi tetap berkonsep rumah panggung, hanya saja tidak terlalu tinggi (travel.detik.com, 2011). Penduduk Desa Wabula bermata pencaharian sebagai nelayan. Sementara, para perempuannya memiliki usaha mandiri menenun kain Buton. Setiap hari, perempuan-perempuan desa menenun selama 5-6 jam, di bagian bawah rumah panggung mereka (Sumber: travel.detik.com, 2011). 
Gambar 3. Peta DesaWabula, Buton Sulawesi Tenggara
Pantai di Desa Wabula pun unik. Siang hari, garis air di bibir pantai berjarak sekira 20 meter dari rumah-rumah. Namun menjelang sore, garis pantai akan surut hingga 50 meter dari rumah-rumah tersebut (Sumber: lifestyle.okezone.com, 2013). keadaan wabula yang masih sangat asli dengan kebudayaannya membuat desa ini memiliki ciri khas tersendiri, udara yang segar dan bebas polusi , keindahan alam yang memukau , kuliner dan makanan laut yang lezat , dan bagi penggemar selam (diving) tempat ini sangat cocok dengan kebutuhan sodara (Baca : keindahan alam di desa wabula - Hantu Laut). Salah satu lokasi yang sangat menarik untuk di kunjungi di desa wabula adalah KALI TOPA yang merupakan salah satu tempat permandian yang sangat digemari dan sangat indah.

Gambar 4. Kali Topa Tempat Permandian di Desa Wabula



 
Gambar 5. Batu-Batu Alam Yang Menambah Keindahan Kali Topa
Pada pinggiran kali topa, terdapat batu-batu alam dan pohon-pohon yang indah yang semakin menambah panorama alam kali topa.


Gambar 6. Kali Topa Dengan Air yang Jernih
Gambar 7. Kali Topa yang Hijau
Sepanjang mata memandang, keindahan alam kali topa tidak bosan untuk dilihat sehingga berdasarkan postingan di atas maka kali topa wajib dikunjungi bagi anda yang suka wisata alam. Penulis mengucapkan terimakasih pada kakak Chie 'Shinhwa' Wabula atas foto-foto nya di Desa Wabula yang penulis ambil di Facebook.

Penulis bernama lengkap Aris Sando Hamzah, S.Pi lahir di Ambon pada tahun 1994. Saat ini penulis berdomisili di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara Indonesia.

1 comment:

komputer

[komputer][bigposts]

Ispiratif

[inspirasi][bsummary]

IT

[IT][twocolumns]