Imbu, Gurita Hantu Asal Indonesia

Banyak legenda dan misteri yang terus berkembang di kalangan masyarakat Indonesia, sebut saja kisah nyi roro kidul sang ratu Pantai Selatan yang berasal dari tanah Jawa, hingga kisah kerajaan nusantarapun juga ikut diangkat dalam cerita wayang, film hingga sinetron yang sedang marak di televisi nusantara saat ini. Di Indonesia bagian Timur, ada sebuah kisah yang tidak kalah menarik dibanding kisah-kisah nusantara lainnya, yaitu legenda imbu sang gurita hantu yang berasal dari Indonesia bagian Timur.
Kraken dalam Film Pirates of the Caribbean
Jika di barat ada kraken maka di Indonesia bagian Timur pun ada kisah Imbu sang gurita hantu yang tidak kalah menarik untuk dibahas. Kisah imbu ini pertama kali saya dengar pada saat saya berusia 5 tahun dan ketika itu, kisah ini menjadi kisah favorit saya. Kisah yang pernah diceritakan nenek saya ketika saya TK ini sudah mulai buram dari ingatan saya (maklum sudah puluhan tahun yang lalu) sehingga saya sengaja mempublikasikannya dalam website ini agar terus diingat dan dibaca oleh anak-anak nusantara yang lebih mengenal dongeng barat dibanding kisah daerah mereka sendiri. Kisah ini punya banyak versi, akan tetapi saya akan mencoba mengangkat versi yang pernah saya dengar.

Konon dikisahkan imbu ini terlahir dari orang tua manusia dan dia juga memiliki seorang saudara kembar yang ternyata merupakan manusia. Pada saat mereka lahir, orang tua imbu tersontak kaget ketika melihat salah satu anak mereka terlahir dengan fisik seperti gurita. Konon ketika kecil imbu dipelihara dalam suatu wadah dan ketika beranjak dewasa akhirnya orang tuanya melepaskannya di Laut. Berbeda dengan gurita pada umumnya yg memiliki 8 tentakel, imbu memiliki 9 tentakel dan salah satu dari tentakelnya terdapat cincin yang konon merupakan pemberian dari orang tuannya.

Kisah imbu ini pun sangat dramatis, banyak yang mengisahkan orang tua dari si imbu ini selalu menjenguk dan memberi makan anaknya yang merupakan gurita raksasa. Hingga suatu waktu, ketika orang tuannya tidak datang lagi, disitulah imbu mulai tak terlihat.

Imbu dipercayai masyarakat setempat sebagai makhluk gaib yang menjaga lautan. Seperti halnya kraken, banyak kejadian tenggelamnya kapal dan beberapa kejadian di lautanpun sering dikaitkan dengan imbu. Di Sulawesi Tenggara misalnya, kejadian tenggelamnya KMP Marina yang menggemparkan masyarakat pada tahun 2015 itupun juga sering dikaitkan dengan imbu dan hantu laut. Tak hanya itu beberapa kasus seperti KM Rahmat Buhari tahun 1997 dan KM Windu Karsa tahun 2011 juga memiliki cerita yang sama. Sampai saat ini, belum ada informasi yang jelas tentang keberadaan imbu.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama