Mengenal Lebih Dekat Ikan Dory (Leter Enam) di Dunia Nyata

Masih ingatkah sahabat tentang seekor ikan pelupa yang berwarna biru di film animasi finding nemo yang populer pada tahun 2003 lalu? yah ikan tersebut bernama dory, ikan lucu yang berpetualang bersama Marlin seekor ikan badut untuk mencari anaknya si nemo kecil. Saking populernya film tersebut maka pada tahun 2016, kisah petualangan dory diangkat dalam film yang berjudul “finding dory“. Pada artikel ini kita tidak akan lebih jauh mengulas mengenai film tersebut, tetapi kita akan mengangkat fakta ikan dory di dunia nyata.
Dory dan Marlin (Ayah Nemo)
Ikan Badut dan Ikan Leter Enam

Ikan dory di dunia nyata bernama Ikan Leter Enam, sedangkan dibarat disebut blue tang fish hal ini dikarenakan warna birunya yang khas. Ikan ini merupakan ikan hias yang sangat populer dalam industri ikan hias air laut seperti halnya ikan badut sahabatnya dalam film animasi finding dory. Ikan ini memiliki daerah penyebaran yang luas dari Afrika Timur melalui Samudera Hindia dan banyak ditemukan di perairan Pasifik.

Ikan yang memiliki nama latin Paracanthurus hepatus ini memiliki tubuh berwarna biru dengan ekor berwarna kuning dan warna hitam pada bagian tubuh atasnya yang berbentuk menyerupai angka 6. Ikan ini bisa tumbuh dengan ukuran 30 cm dengan tubuh bulat ramping seperti pancake. Akan tetapi di akuarium, biasanya ikan ini hanya ditemukan berukuran sekitar 10-25 cm.
Ikan Leter Enam (Paracanthurus hepatus)
Walaupun terlihat cantik, ikan dory cukup berbahaya untuk dikonsumsi karena memiliki racun yang cukup mematikan, sehingga umumnya ikan ini hanya dijadikan sebagai ikan hias. Ikan dory merupakan ikan hias air laut vegetarian yaitu memakan tumbuh-tumbuhan. Di Alam, ketika masih juvenil, ikan ini aktif memakan plankton dan setelah dewasa bersifat omnivora yaitu memakan zooplankton dan fitoplankton. Menurut pendapat David Alderton dalam bukunya yang berjudul Encyclopedia of Aquarium & Pond Fish, melaporkan bahwa ikan ini optimum dipelihara di akuarium dengan suhu 26-28oC dan pH 8,1 -8,3. Di dalam akuarium, ikan ini juga dapat hidup berdampingan bersama ikan lainnya seperti ikan badut sahabatnya.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama